Label Cloud

Saturday, November 03, 2007

Meratus Diusulkan Jadi Taman Nasional

Sabtu, 03-11-2007 | 00:17:14

BANJARMASIN, BPOST - Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan (Kalsel), Amir Hamzah mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan ke pemerintah pusat untuk membangun taman nasional melindungi flora dan fauna di Kalsel yang mulai punah.

Menurut Amir taman nasional yang telah diusulkan tersebut berada di pegunungan Meratus dengan luas areal 8 ribu hingga 40 ribu hektare.

Dari jumlah luas lahan tersebut, ada daerah-daerah yang harus dibatasi untuk kegiatan masyarakat (enclave), untuk tetap menjaga kelestarian alam di taman nasional tersebut.

Amir berharap, pada 2008 telah ada penunjukan dari Menteri Kehutanan berdasarkan rekomendasi dari Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, bahwa Kalsel layak dibangun taman nasional.

Mengingat keberadaan taman nasional di Kalsel sangat mendesak dan penting, sebagai salah satu fungsi penyeimbang dan penyelamatan kawasan yang kini sebagian besar telah rusak.

Kerusakan lingkungan tersebut, selain mengancam keberadaan flora dan fauna khas juga sangat membahayakan bagi kelangsungan sumber plasma air di 13 kabupaten dan kota.

Menurutnya, dari 113 ribu hektare kawasan lindung di Kalsel, ada beberapa daerah rambahan yang mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki. Seperti kawasan Kelumpang Laut dan Sebuku Kabupaten Kotabaru.

Menurutnya, ada beberapa jenis flora dan fauna khas Kalsel yang kini sudah sulit untuk ditemukan karena nyaris punah, akibat kerusakan hutan baik itu akibat pertambangan maupun penebangan yang dilakukan secara membabibuta. ant

No comments: