Label Cloud

Wednesday, January 10, 2007

Perhatikan Lingkungan Hidup

Selasa, 26 Desember 2006 01:28:38
GUBERNUR Kalimantan Selatan Rudy Ariffin menyadari akibat meningkatnya eksploitasi sumber daya alam yang tidak terkendali seperti kegiatan pertambangan, kehutanan, perikanan dan bidang lainnya serta belum optimalnya pengelolaan dan pengendalian dampak lingkungan hidup telah menyebabkan kerusakan alam.

Karena itu di dalam APBD 2007, Rudy memasukkan urusan lingkungan hidup menjadi salah satu prioritas yang harus dikerjakan. Untuk menunjang kegiatan ini dianggarkan sebesar Rp3.483.043.000.

Kegiatan di bidang urusan lingkungan hidup ini lebih ditekankan untuk pengkajian dampak lingkungan, dan evaluasi praktik illegal logging, illegal mininng dan illegal fishing yang mungkin masih terjadi di Kalsel. Kemudian pemadaman dan penanggulangan kebakaran serta pengelolaan sumber daya pesisir laut dan pulau kecil.

Kegiatan ini ditopang dengan perhatian yang diberikan kepada bidang kelautan dan perikanan yang di dalam APBD Kalsel 2007 dianggarkan sebesar Rp19.348. 771.950. Arah pada kegiatan ini ditekankan untuk komoditas perikanan, sampai memberdayakan ekonomi pesisir.

Ditambah lagi dengan memberikan perhatian yang besar kepada sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduk Kalsel. Untuk urusan ini dialokasikan dana yang cukup besar yakni, Rp64. 021. 622.900.

Selain itu khusus untuk urusan kehutanan dana yang ditujukan untuk mengoptimalkan nilai tambah dan manfaat hasil hutan kayu dan non kayu serta berupaya semakin bertambahnya hutan tanaman disiapkan Rp10.710.615.000.

Sementara untuk urusan energi dan sumber daya bukan berarti tidak lagi mendapat perhatian. Kegiatan yang ditujukan untuk peningkatan produksi dan pengelolaan bahan tambang, penataan kawasan/area tambang, pengembangan dan peningkatan sumberdaya energi dan ketenagalistrikan serta pengembangan desa tertinggal diberikan anggaran sebesar Rp12.078.423.550.

Dalam 21 urusan yang telah ditetapkan dalam APBD 2007 juga meliputi urusan perhubungan, koperasi dan UKM, pemberdayaan masyarakat desa, urusan sosial, pemerintahan umum, perencanaan pembangunan, kepegawaian, kebudayaan, kesatuan bangsa, dan industri perdagangan.

Masing-masing urusan kerja memiliki alokasi dana yang telah disesuaikan dengan rencana kerja pemerintah (RKP) Pemerintah Provinsi Kalsel 2007 yang dipadukan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) serta sejalan dengan tema dan prioritas yang terjadi di Kalsel.adv/ais

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: