Label Cloud

Sunday, March 23, 2008

Warga Ancam Tutup Jalan

Selasa, 18-03-2008 | 00:30:05

Petani Kesulitan Jangkau Sawah

PELAIHARI, BPOST - Sejak enam bulan lalu, sejumlah petani di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari kesulitan menjangkau sawahnya. Satu-satunya akses jalan utama, rusak berat akibat intensnya angkutan tambang galian batu gunung.

"Kalau kena hujan, badan jalan sama sekali tidak bisa dilewati sepeda motor. Jalan berubah seperti sawah, licin, dan lengket," keluh Bakri, petani Ambungan, Senin (17/3).

Bersama dua warga Ambungan lainnya, Jumadi dan Samsu Hudaya, Bakri mengatakan kerusakan badan jalan tersebut secara nyata berdampak pada menurunnya usahatani.

Pendapatan pun berkurang, karena pembudidayaan tanaman maupun pengelolaan budidaya ikan tak bisa tertangani secara optimal lagi.

"Setiap harinya minimal dua kali kami harus ke kolam. Tapi, dengan kondisi jalan yang rusak parah begini, kadang tak bisa tiap hari lagi ke kolam. Ikan yang kami pelihara menjadi kurang terpelihara," ucap Samsu, mantan kades Ambungan ini.

Samsu menyebutkan ada beberapa warga yang memelihara ikan (nila dan mas) dengan luasan setidaknya 3,5 hektare. Tak jauh dari tempat ini, ada beberapa petak persawahan seluas 30 hektare. Kawasan ini juga menjadi lumbung pakan ternak bagi para pemilik ternak sapi, karena melimpahnya rerumputan liar.

"Namun sekarang kami semua, petani padi, pembudidaya ikan, dan peternak sapi kesulitan mengjangkau tempat itu. Rusaknya badan jalan ini benar-benar menyusahkan kami," sebut Bakri dan Jumadi.

Memang ada jalan alternatif, namun jarak tempuhnya lumayan jauh (4 kilometer) atau dua kali lipat jalan yang ada. Umumnya warga enggan melalui jalan alternatif itu, karena selain memutar juga kondisinya sulit dilalui dan sempit.

Samsu menuturkan badan jalan utama itu sendiri merupakan jalan koridor milik PTPN XIII. Sejak beberapa tahun lalu pihak PTPN mengizinkan penambang batu gunung menggunakan jalan tersebut, dengan syarat wajib memelihara badan jalan, namun diabaikan penambang. (roy)

No comments: