Label Cloud

Tuesday, June 05, 2007

Para Pejabat Terima Bibit Pohon

Selasa, 5 Juni 2007

RANTAU ,- Selain menggelar apel pagi, Senin kemarin juga dilaksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2007. Peringatan ini ditandai dengan bagi-bagi bibit pohon tanjung dan penesium kepada seluruh kepala dinas dan kepala bagian di lingkungan Pemkab Tapin.

Dikatakan Bupati Tapin Drs H Idis Nurdin Halidi MAP, selaku pembina upacara, peringatan ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim. “Untuk memperingati hari lingkungan hidup ini sebaiknya kita melaksanakan kegiatan adaptasi, antara lain dengan menanam pohon di lingkungan sekitar rumah dan kantor kita, juga untuk menghindari daerah pemukiman di lereng bukit dari bencana alam. Kemudian kegiatan mitigasi atau mengurangi efek gas rumah kaca yang dapat dilakukan dengan hemat energi, tidak konsumtif, mengurangi dan mengolah sampah, serta efisiensi pengunaan transportasi,” ujar Idis yang membacakan sambutan Meneg LH Ir Rachmat Witoelar.

Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah “Iklim Berubah, Waspadalah Terhadap Bencana Lingkungan”. “Perubahan iklim menyebabkan berbagai persoalan lingkungan. Mulai dari perubahan pola curah hujan yang mengakibatkan banjir dan longsor. Atau pun musim kemarau berkepanjangan. Hal ini juga berpengaruh terdapat pola musim tanam yang merugikan petani,” cetusnya.

Sementara itu, dari segi kesehatan, habitat kehidupan tergganggu menyebabkan meningkatnya penyakit epidemi, seperti demam berdarah dan malaria. “Jika kita tidak ada upaya pengurangan emisi, maka bumi akan semakin panas. Kondisi ini menyebabkan es di kutub utara mencair, dan meningkatkan permukaan laut, hingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam,” ingatnya.

Setelah apel selesai, Bupati Tapin yang didampingi Wakil Bupati Tapin dan sekretaris daerah menyerahkan bibit tanaman pohon Tanjung dan pohon Penesium kepada kepala dinas, Badan , Kantor untuk ditanam di lingkungan masing-masing dinas, badan, kantor sehingga diharapkan lingkungan tempat tugas akan terasan asri, indah dan nyaman. (nti)


No comments: