Label Cloud

Friday, February 16, 2007

PT Krakatau Steel Pilih Kotabaru

Kamis, 11 Januari 2007 01:54:32


--------------------------------------------------------------------------------

Banjarmasin, BPost
Manajemen PT Krakatau Steel di Cilegon Jawa Barat akhirnya memutuskan mendirikan anak perusahaan di Kabupaten Kotabaru.

Gubernur Kalimantan Selatan Drs H Rudy Ariffin, Rabu mengungkapkan dipilihnya Kotabaru karena dinilai daerah yang paling ekonomis dan startegis dibanding kabupaten lainnya.

Selain itu, Kotabaru juga memiliki potensi lebih besar di bandingkan Kabupaten Tanah Laut maupun Batulicin yang sebelumnya juga menjadi daerah alternatif untuk dibangun perusahaan berskala international tersebut.

Dari hasil analisa dan investigasi pihak KS Cilegon, tambahnya, Kotabaru memiliki pelabuhan laut dengan kedalaman yang cukup baik, sehingga kapal berbadan besar bisa merapat, jadi bisa menghemat biaya transportasi.

Kotabaru juga memiliki potensi bijih besi cukup besar, sehingga banyak mengurangi resiko ketersediaan bahan baku bagi perusahaan.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Subardjo membenarkan dipilihnya Kotabaru sebagai tempat ekspansi KS Cilegon untuk wilayah Kalsel.

"Saya mendapat SMS dari pihak manajemet KS, hanya saja di mana daerahnya belum ada informasi lebih lanjut," tambahnya.

Menurutnya, mendukung rencana tersebut, saat ini Pemprov Kalsel telah menyediakan lahan seluas 30 hektar untuk pembangunan sarana dan prasarana perusahaan yang bakal menyedot ratusan tenaga kerja tersebut.

Diungkapkannya, sesuai dengan perjanjian, bila perusahaan baja yang kini sedang berkembang pesat tersebut jadi ekspansi ke Kalsel, maka lahan disediakan oleh pemerintah daerah.

Hanya saja belum diketahui secara pasti berapa luas lahan untuk pembangunan parusahaan tersebut.

Tentang perizinan, tambahnya, akan dimulai dari bawah atau pemerintah kota dan kabupaten yang ditempati, selanjutnya diproses di tingkat provinsi dan pusat. ant


--------------------------------------------------------------------------------



Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: