Label Cloud

Saturday, February 23, 2008

Distakoberpar Kekurangan Armada Sampah

Senin, 14 Januari 2008

Minta Tambahan Truk Sampah Baru

Radar Banjarmasin
AMUNTAI – Sampah dimanapun selalu menjadi persoalan, meski hanya terbilang kota kecil ternyata soal sampah masih menyisakan masalah di Kota Bertakwa ini. Setidaknya hal ini dirasakan oleh Dinas Tata Kota, Kebersihan dan Pariwisata (Distakoberpar) HSU dalam hal mengangkut dan menampung sampah di kota ini. Kenyataannya kondisi di lapangan masih banyak sampah yang terkumpul di TPS tidak bisa terangkut karena masih minimnya armada alat angkut yang dimiliki dinas bersih-bersih kota Amuntai ini.

“Dari total 72 meter kubik sampah yang dihasilkan per-harinya di kota ini, kenyataannya yang bisa terangkut hanya 42 meter kubiknya saja,” ujar Kepala Dinas Tata Kota, Kebersihan dan Pariwisata HSU, H Ahmad Musaddik SSos kepada koran ini. Ini, akunya, disebabkan jumlah kendaraan angkutan sampah hanya bisa beroperasi 1 kali berangkat dalam 1 hari. “Sehingga sampah yang dibuang pada siang hari tidak terangkut lagi,” ujarnya lagi.

Masalah lainnya, ujar Musadik, juga disebabkan oleh minimnya jumlah armada yang dimiliki dinas yang dipimpinnya ini sangat terbatas. Saat ini, hanya 9 unit truk angkut sampah yang ada. “Itupun hanya 6 unit yang dapat dioperasionalkan secara optimal,” keluhnya. Parahnya lagi, 2 unit armada sampah sudah berumur 15 tahun lebih semenjak digunakan. “Itu artinya lagi hanya 4 buah armada sampah yang bisa digunakan full,” sebutnya.

Kendati begitu, mengingat pentingnya angkutan sampah di kota ini guna memaksimalkan angkutan pada siang hari yang tidak terangkut, Musaddik berharap pada tahun 2008 nanti truk sampah bisa turut dianggarkan. “Kondisi ini bisa diantisipasi dengan cepat,” ujarnya berkemauan.

Sekedar untuk diketahui, Dinas Tata Kota, Kebersihan dan Pariwisata HSU mendapatkan armada truk sampah hanya dari bantuan Pemerintah Pusat dan Provinsi. Itu pun sudah dipergunakan sejak dari daerah tahun 1994 dan yang terbaru pada 1997 lalu. Ia berharap pada tahun depan angkutan sampah bisa ditambah demi peningkatan pelayanan publik dibidang kebersihan. (bie)

No comments: