Label Cloud

Sunday, July 22, 2007

Ajak Gotong Royong Lewat Bedah Sungai

Monday, 23 July 2007 02:23:57

BANJARMASIN, BPOST - Kondisi sungai di Kota Banjarmasin semakin hari kian dangkal dan sempit. Melihat kenyataan itu, Wakil Gubernur Kalsel Rosehan NB, mengajak warga bersama-sama membersihkan sungai yang ada di wilayahnya.

Sebagai langkah simbolis, Minggu (22/7) pagi, Wagub bersama TNI, Polri, unsur muspida lain, tokoh masyarakat serta warga melakukan aksi bersih-bersih sungai. Kegiatan yang diberi nama "Bedah Sungai" itu dipusatkan di Sungai Jafri Zam-Zam, tepatnya di depan Stadion 17 Mei.

Dalam kegiatan itu semua pihak bergotong royong mengangkat sampah yang mengotori dan membuat aliran sungai menjadi dangkal. Bahkan sebagian warga dengan sukarela menyediakan beragam konsumsi, mulai dari minuman sampai nasi kuning.

Wagub Rosehan NB mengatakan, Bedah Sungai hanya istilah, tetapi inti dari kegiatan itu adalah untuk menghidupkan kembali gotong-royong di masyarakat. Terutama untuk menyelamatkan sungai-sungai yang menjadi ciri khas Kota Banjarmasin.

"Apa yang kita laksanakan ini untuk memancing kepedulian warga terhadap sungai yang ada di wilayahnya. Kalau sungai kita bersih selain kita nyaman memandang juga airnya yang bersih bisa dimanfaatkan," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Terkait keberadaan bangunan-bangunan yang ada di bibir sungai, Rosehan menegaskan hal itu menjadi tanggungjawab pemerintah Kota Banjarmasin. Terutama tidak memberikan izin mendirikan bangunan di jalur hijau seperti di bibir sungai. ais

No comments: