Label Cloud

Sunday, July 22, 2007

Sungai, Bak Sampah Raksasa

Senin, 23 Juli 2007

BANJARMASIN ,- Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan NB menilai kondisi sungai yang ada di Kota Banjarmasin sangat memprihatinkan, semuanya kotor dan ditutupi bangunan-bangunan liar yang terkesan kumuh. Bahkan, parahnya, ada kecenderungan sungai menjadi bak sampah raksasa, sehinga segala kotoran dan sampah ditampung. Akibatnya, tidak sedikit sungai yang tersumbat dan airnya tidak bisa mengalir.

“Dahulu sungai banyak memberikan penghidupan kepada nenek moyang dan juga orangtua kita. Itu karena sungai masih terpelihara kebersihannya dan berfungsi dengan baik. Tapi sekarang kondisinya sudah banyak berubah dan kotor,” ujar Rosehan pada sela-sela launching acara “Bedah Sungai” yang dipusatkan di depan Stadion 17 Mei Banjarmasin, kemarin.

Menurut Rosehan, sungai adalah salah satu bagian dari kekayaan alam yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, terutama bagi masyarakat di Kota Banjarmasin. Ia menambahkan, sungai dapat menjadi sumber penghidupan karena di dalamnya terdapat banyak ikan, dan menjadi sumber kebutuhan secara turun menurun masyarakat. “Sungai merupakan urat nadi kehidupan masyarakat Banua ini. Tak hanya untuk kebutuhan mandi, mencuci dan minum, tapi juga sebagai sarana transportasi masyarakat,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, kata Rosehan, Pemprov Kalsel menaruh perhatian yang sangat besar terhadap pembenahan dan pembangunan sungai di Kalsel, khususnya Kota Banjarmasin yang menjadi ibukota provinsi. Lebih lanjut, ia mengharapkan kegiatan Bedah Sungai tersebut memberikan dorongan, motivasi, serta membangkitkan kembali kesadaran yang tinggi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. “Saya berharap momentum ini menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat Kalsel agar lebih peduli dengan kebersihan sungai, terutama di lingkungannya masing-masing. Kegiatan bersih-bersih bisa dilakukan di lingkungan RT, sekitar tempat tinggal, atau tempat usaha,” pesannya.

Pantauan koran ini kemarin, aksi Bedah Sungai kemarin diikuti ratusan anggota TNI-AD, Polri, perwakilan Pemkot Banjarmasin, Pemprov Kalsel, BPK, serta masyarakat sekitar. Aksi bersih-bersih kemarin juga dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Alwi Sahlan, sejumlah pejabat teras Pemkot Banjarmasin, dan Pemprov Kalsel. (sga)


No comments: