Label Cloud

Monday, July 16, 2007

Kagum Lihat Potensi Tala

Saturday, 14 July 2007 04:15

PELAIHARI, BPOST - Melimpahnya potensi sumber daya alam (SDA) di Tanah Laut (Tala) membuat Kapolda Kalsel Brigjen Pol Halba Rubis Nugroho kagum. Dia menilai daerah ini kelak akan menjadi masa depan perekonomian Kalsel.

"Tala memiliki SDA melimpah, seperti, batu bara, bijih besi, dan kehutanan. Menurut saya daerah ini mampu menjadi basis kekuatan ekonomi di Kalsel," kata Halba dalam amanatnya pada acara Sertijab Kapolres Tala dari AKBP Sumarso kepada AKBP Dadik Soesetyo S di Mapolres Tala, Rabu (11/7).

Sertijab tersebut berlangsung meriah. Dihadiri Bupati H Adriansyah, Wabup H Ikhsanudin Husin, unsur muspida, Ketua DPRD HM Danche R Arsa, pejabat Pemkab Tala, tokoh agama/masyarakat, kalangan pengusaha, organisasi kepemudaan, dan anggota FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) se-Tala. Penegasan kapolda bukan isapan jempol. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini saja, ada sejumlah investor nasional yang telah menamkan investasinya di Tala, seperti, pabrik pakan ternak dan pabrik tapioka di Kecamatan Bati Bati, pabrik sarung tangan di Kecamatan Tambang Ulang.

  Ada lagi investor yang akan membangun pabrik kertas di Kecamatan Kintap. Tidak lama lagi juga akan berdiri pabrik baja di Kecamatan Jorong.

Lantaran banyaknya SDA itu pula, sebut Halba, Tala terus dilirik investor. Banyak investor yang datang ke Bumi Tuntung Pandang untuk menanamkan investasi.

Namun begitu, Halba mewanti-wanti agar pemanfaatan atau eksploitasi SDA tidak dilakukan secara serampangan. Sebaliknya, harus benar-benar diakukan secara benar dan prosedural.

Kekeliruan dalam mengelola SDA justeru bisa menimbulkan dampak negatif yang besar. "Kerusakan lingkungan hidup, ekosistem, dan bahkan dapat menimbulkan bencana alam," kata Halba.

Selain menyajikan kemanfaatan yang besar bagi kemaslahatan masyarakat, melimpahnya SDA di Tala juga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Apalagi dengan karakteristik penduduk Tala yang heterogen. roy

No comments: