Label Cloud

Sunday, July 08, 2007

Terumbu Karang Langsung Hancur

Thursday, 05 July 2007 02:05

KOTABARU, BPOST - Pencairan ikan menggunakan bom peledak di perairan Samber Gelap, Kecamatan Pulau Sebuku, Kotabaru kembali terjadi. Beberapa kali warga setempat melihat kawasan yang penuh dengan terumbu karang yang indah itu dihujani bom.

Pengelola penyu hijau Pulau Samber Gelap Paris, mengatakan, sasaran para pembom itu adalah ikan ikan kerapu, kakap dan tenggiri yang sedang dikembangkan di kawasan itu.

Menurutnya, suara bom itu terdengar hingga radius 100 meter. Saat bom meledak gelombang di sekitarnya langsung naik dengan ketinggian 3 meter dan terumbu karang langsung hancur.

"Saat itulah ratusan ikan besar, seperti tenggiri, kakap, kerapu bergelimpangan di permukaan laut.

Para pembom ikan hanya mengambil ikan besar sedangkan ikan kecil dibiarkan.

Pembom itu, kata Paris, biasanya datang dari Balikpapan. Kemudian meminta izin untuk melakukan pemboman ikan. Meski tidak diizinkan mereka tetap nekad melakukan pemboman.

"Menurut penjaga pulau kami, bom itu diletekkan nelayan di sela terumbu karang. Sering dilakukan di sebelang Tenggara Pulau Samber Gelap karena tersembunyi," kata Paris.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kotabaru bersama TNI AL bersikap proaktif dengan selalu melakukan pengawasan terhadap pembom ikan. dhs


Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: