Label Cloud

Sunday, December 24, 2006

Abrasi Ancam Pantai Pagatan

Kamis, 23 Nopember 2006 01:36:57
Batulicin, BPost
Pantai Pagatan adalah satu di antara sejumlah objek wisata pantai di Tanah Bumbu dengan panorama yang indah sehingga mampu menyedot wisatawan baik lokal maupun asing.

Namun keberadaan pantai yang berada di Kecamatan Kusan Hilir ini tidak lagi seperti dulu, dimana kawasan pantainya sejuk karena banyaknya pohon. Pantai Pagatan yang berada di tepi jalan poros Banjarmasin-Batulicin itu mulai tergerus abrasi (pengikisan daratan).

Pantauan BPost, di Desa Beringin terlihat abrasi mulai mengenai kawasan pantai, tidak telihat ada tanaman pencegah abrasi baik pohon bakau, kelapa maupun braek water (pemecah gelombang) buatan.

Apabila gelombang pasang, air laut langsung menghantam daratan dan terjadi setiap waktu. Abrasi yang terjadi di pantai Pagatan ini tidak hanya terjadi di satu titik melainkan beberapa kawasan.

Afrullah, nelayan setempat menyebutkan, 10 tahun lalu badan jalan Banjarmasin-Batulicin jauh dengan pantai namun sekarang terasa dekat sekali. Jalannya tidak berubah, garis pantai yang semakin mendekati jalan raya khususnya jembatan Beringin di Desa Beringin.

Meski kurang mengerti soal abrasi, Afrullah mengaku khawatir apabila tidak ditanggulangi, sebab pengikisan pantai semakin parah dan bisa merusak pondasi jembatan yang terbuat dari kerangka baja tersebut.

Ombak pantai yang terjadi setiap hari terus mengikis sedikit demi sedikit kawasan Pantai Pagatan.

Apabila pemda maupun pemprov tidak segera mengambil tindakan dengan membuat siring buatan, abrasi di kawasan itu akan semakin meluas. "Jangan sampai jalan raya putus dan jembatan putus seperti di Sungai Lembu akibat kawasan pantai yang terus terkikis," kata Afrullah. dhs

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: