Label Cloud

Saturday, May 05, 2007

Dewan Dukung TNI Kelola Sampah SA

Kamis, 3 Mei 2007
Radar Banjarmasin


BANJARMASIN ,- Rencana salah satu bagian dari TNI yang bersedia menjadi pengelola kebersihan di pusat perbelanjaan Sentra Antasari (SA) bekerja sama dengan Pemkot Banjarmasin, mendapat respon positif dari DPRD Kota Banjarmasin.

Selama ini, pengelolaan kebersihan di SA tidak berjalan maksimal, sehingga sangat potensial membuat rapor merah kembali didapatkan Pemkot Banjarmasin dalam penilaian Adipura yang rencananya akan dilakukan bulan ini. Padahal, untuk pengelolaan kebersihan di pusat perbelanjaan tersebut, setiap bulannya pedagang dipungut retribusi pengelolaan sampah dari Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu.

“Selama ini pengelolaan sampah di SA itu sangat tidak optimal dilakukan pihak pengelolanya, padahal setiap pedagang membayar jasa pengelolaan sampah itu dari Rp 75 ribu bahkan ada yang sampai Rp 150 ribu per bulan. Tapi hasilnya tetap saja tidak bersih,” ujar anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Salim Fachri, kepada wartawan.

Dengan munculnya wacana pengelolaan sampah SA akan dikelola TNI, secara lugas Salim mengatakan, pihaknya sangat mendukung. “Kita sangat sependapat jika kebersihan di SA itu akan dikelola pihak TNI. Sebab, selain buruknya kinerja pengelola sebelumnya, sebagai lembaga yang punya tingkat kedisiplinan tinggi, TNI tentunya berpontensi untuk mampu mengatasi problem sampah di lingkungan SA yang selama ini menjadi momok tersendiri bagi Pemkot Banjarmasin,” pukasnya.

Sebagaimana dilansir koran ini sebelumnya, setiap hari di lingkungan SA menghasilkan sampah tak kurang dari 50 kubik atau 35 rit. Pasalnya, tumpukan sampah tersebut tidak hanya berasal dari pedagang maupun pengunjungnya, tapi juga masyarakat sekitar ikut menambah kubikasi sampah di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Banjarmasin itu. (dla)


No comments: