Label Cloud

Saturday, May 05, 2007

Predikat Kota Terkotor Kembali Mengancam

Jumat, 4 Mei 2007
Radar Banjarmasin
BANJARMASIN ,- Perhatian terhadap kondisi kebersihan dan keindahan Kota Banjarmasin kembali terfokus. Diperkirakan, memasuki minggu kedua Mei ini, hasil penilaian Adipura beberapa waktu lalu akan diverifikasi. Artinya, dalam verifikasi itu nilainya bisa bertambah, berkurang, dan tetap. Oleh karena itu, seluruh masyarakat diharapkan tetap konsisten dengan kebersihan lingkungannya.

Namun demikian, hambatan untuk meraih nilai tinggi Adipura masih dirasakan pada kurangnya pengelolaan sampah, penghijauan, dan tersumbatnya drainase. Artinya, di tempat-tempat yang strategis, tempat-tempat pembuangan sementara (TPS), masih kurang dan tak sebanding dengan volume sampah yang dibuang. Kemudian, masih terasa gersang karena kurangnya tanaman sebagai peneduh dan ruang terbuka hijau. Terakhir, tergenangnya air di jalan maupun lingkungan warga saat turun hujan atau air sungai pasang.

Menjelang verifikasi nilai Adipura di Kota Banjarmasin yang berklasifikasi sebagai Kota Besar, jajaran Pemkot Banjarmasin kembali turun ke objek-objek penilaian. Seperti membersihkan Sentra Antasari, sekolah-sekolah, puskesmas, drainase di pinggir jalan, dan lain sebagainya. Seperti kemarin, Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni bersama Kepala Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Drs Syaidin Noor MM, Kepala Distakot Zainul Arifin MEng Sc, Kepala Bapedalda Hesly Junianto, Kasubdin Pemantauan dan Pemulihan Bapedalda Drs Hamdi, Kasubdin Prasarana Transportasi Dinas Kimpraskot Ir Gt Riduansyah S, dan staf, meninjau beberapa sekolah seperti SDN 3 dan 4 Teluk Dalam, SMPN 1 Banjarmasin, SMPN 5 Banjarmasin, SMAN 2 Banjarmasin, SMAN 7 Banjarmasin, SMKN 1 Banjarmasin, dan SMP Sabilal Muhtadin. Banyak ditemukan TPS di sekolah yang jumlahnya kurang dan tanaman peneduh yang sedikit.

Pada kesempatan itu, Walikota HA Yudhi Wahyuni meminta pedagang yang berjualan di lingkungan sekolah untuk menyediakan tempat sampah. Dan guru terus mengimbau siswanya untuk menjaga kebersihan.(yha)

No comments: