Label Cloud

Tuesday, May 15, 2007

Peggy akan Bedah Sungai Banjarmasin

Selasa, 15 Mei 2007


Radar Banjarmasin
BANJARMASIN ,- Artis serba bisa, Peggy Melati Sukma, mengaku merasa sangat dekat dengan warga Banjarmasin. Karenanya, bintang sinetron yang juga pernah menjadi presenter acara Rejeki Nomplok ini punya hajat berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Banua.

Rencananya, istri Wisnu Tjandra Yusuf ini akan menggarap sebuah kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, yaitu membedah sejumlah sungai di Banjarmasin. Nah, untuk mematangkan rencananya itu, pemilik nama lengkap Raden Peggy Melati Purnamadewi Sukma ini kemarin datang ke Banjarmasin, untuk bertemu Wakil Gubernur Kalsel Rosehan NB. “Saya tidak tahu, kok tiba-tiba ada perasaan dekat dengan warga Banjarmasin. Terlebih ketika saya menggelar acara Rejeki Nompok beberapa waktu lalu, sambutan masyarakat sini luar biasa. Sampai-sampai saya merasakan menjadi bagian dari masyarakat sini,” ujar Peggy kepada wartawan, pada sela-sela pertemuannya dengan Wakil Gubernur Rosehan NB, kemarin.

Lebih lanjut, Ketua Yayasan Peduli Membantu Sesama (PMS) ini mengemukakan, bedah sungai akan dilaksanakan pada Juni mendatang seiring peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. “Pastinya bulan Juni, tapi tanggalnya masih dibicarakan dengan Pemprov Kalsel dan Pemkot Banjarmasin,” tambahnya.

Lantas, kenapa terinspirasi menggelar bedah sungai di Banjarmasin?

Selain ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk warga Banjarmasin, Peggy melihat sungai-sungai di Banjarmasin merupakan aset daerah yang menjanjikan asalkan dipelihara dengan baik. “Sungai-sungai di Banjarmasin masih dipergunakan warga sebagai sarana transportasi. Saya melihat alangkah indahnya kalau dilestarikan dan dipelihara dengan baik,” katanya.

Nah, bedah sungai yang digagasnya tersebut, lanjut Peggy, untuk memotivasi warga agar lebih peduli akan kebersihan dan kelestarian sungai. “Apa yang saya lakukan nanti, hanya bagian kecil dari upaya untuk memotivasi masyarakat Banjarmasin peduli kebersihan sungai. Sebab, pemerintah daerah di sini sudah banyak melakukan berbagai kegiatan peduli kebersihan sungai,” tambahnya.

Untuk itu, Peggy mengharapkan even bedah sungai yang digagasnya nanti, secara berkesinambungan akan dilakukan jajaran Pemprov Kalsel dan juga Pemkot Banjarmasin.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan NB menyambut baik rencana bedah sungai ini. Bahkan, untuk jangka panjangnya, Rosehan berniat kegiatan itu akan dilanjutkan Pemprov Kalsel dengan menggelar bedah sungai-sungai yang ada di kabupaten dan kota se-Kalsel. “Saya sangat mendukung kegiatan positif ini. Untuk jangka panjangnya, perlu dilanjutkan membedah sungai-sungai di Kalsel yang digagas pemprov,” kata Rosehan, yang langsung diamini Kepala Bapedalda Rahmadi Kurdi.

Rencananya, sebut Rosehan, sungai-sungai yang akan dibedah terdapat pada 5 kecamatan di Kota Banjarmasin. “Kami akan survei dulu mana sungai yang akan dibedah. Rencananya, setiap kecamatan satu sungai yang akan dipermak,” pungkasnya.(sga)

No comments: