Label Cloud

Monday, August 07, 2006

Mitan Di Pelosok Rp4.500/Liter

Senin, 07 Agustus 2006 01:34:45

Kotabaru, BPost - Harga minyak tanah di pelosok Kotabaru melonjak melebihi harga eceran terendah (HET) Rp2.400 per liter yang ditentukan pemkab. Seperti di Desa Gosong Panjang, Teluk Jagung, Pulau Laut Utara harga mitan Rp4.000-Rp4.500 per liter. Akibatnya warga memilih menggunakan kayu bakar.

Jabar, warga setempat, mengatakan, sejak dua bulan terakhir harga mitan terus naik. Awalnya, kenaikan berkisar di bawah Rp3.000 namun terus naik dan bertahan di kisaran Rp4.000 per liter.

Camat Pulau Laut Barat (PLB) Suwardi mengaku terkejut dengan melonjaknya harga mitan itu, karena distribusi mitan terbilang cukup. Namun dia tidak bisa menyebutkan berapa jatah mitan untuk PLB keseluruhan.

"Kita cari tahu dulu penyebab melonjaknya harga mitan, baru kita carikan solusinya," tegasnya.

Mata pencaharian masyarakat Desa Gosong Panjang adalah nelayan dan pembudidaya rumput.

Untuk mencapai desa yang berjarak sekitar 125 Km dari Kotabaru itu memerlukan waktu sekitar tiga jam menggunakan sepeda motor.

Warga setempat memperkirakan tingginya harga mitan di desa itu, karena mahalnya ongkos angkut mitan.

Namun Ketua Hiswana Migas Kotabaru H Amrah Muslimin, menduga kenaikan harga mitan itu akibat ulah pengecer. "Selain itu di desa itu tidak ada pangkalan, karena pangkalannya hanya di Lontar, Desa Kampung Baru," tandasya.

Sayang, kata dia, Hiswanamigas tak memiliki kewenangan menindak pengecer yang suka mempermainkan harga mitan tersebut. dhs

No comments: