Label Cloud

Tuesday, August 01, 2006

Pengeboran Tabalong Aman

Selasa, 01 Agustus 2006 00:49:27

Tanjung, BPost - PT Pertamina di Tanjung mengimbau warga Tabalong khususnya yang berada di daerah operasi pengeboran tak perlu khawatir, karena Tabalong bukan penghasil gas melainkan minyak bumi (minyak mentah, Red).

Saat ini ada 100 sumur minyak yang masih berproduksi dan semuanya dinyatakan aman. Pasalnya, sebelum pengeboran dilakukan Badan Pelaksana (BP) Migas sudah melakukan inspeksi dan menyatakan kawasan pengeboran aman dan bisa dilakukan eksploitasi minyak.

Kepala Lapangan PT Pertamina, Haryono melalui humasnya H Ponijan menjelaskan, dari kegiatan pengeboran memang dihasilkan gas namun jumlahnya sangat sedikit. Itupun hanya digunakan untuk keperluan starter turbin.

Walau kandungan gasnya kecil, pihak Pertamina mengimbau warga sekitar lokasi pengeboran dan pipa pendistribusian untuk berhati-hati. Bisa saja akibat aktivitas warga menyebabkan kebocoran pipa, termasuk larangan menyalakan api di dekat pipa pengiriman. Pasalnya, selain minyak di dalam pipa juga mengandung gas walau jumlahnya kecil.

Idealnya, rumah warga dengan pipa pendistribusian berjarak 12 meter. Namun kenyataannya banyak warga yang tak mengindahkannya, " tambah Noor Erfansyah, dari bagian humas PT Pertamina

Sejumlah warga sekitar pipa pendistribusian seperti di Desa Masukau Luar dan Masukau Dalam mengaku tidak terlalu khawatir meski rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari pipa. Sebab, sebelum pipa tersebut ada, mereka sudah tinggal di sana jadi tidak mungkin pindah ke tempat lain. mia

No comments: