Label Cloud

Saturday, July 29, 2006

Terfokus Satu Sektor

Sabtu, 29 Juli 2006 02:54:59

* Iklim usaha Kalsel belum kondusif

Banjarmasin, BPost - Kalsel dinilai belum mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif seperti daerah lain yang justru mampu menarik invetor untuk datang.

Penilaian tersebut disampaikan Dirut Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalsel, H Hermani Abdurahman, Jum’at. Menurut dia sektor usaha di Kalsel masih terkesan terfokus pada satu sektor saja, padahal seharusnya yang bekembang itu seluruh sektor.

Sebagai contoh, sekarang ini usaha yang dianggap berberkembang baik hanyalah sektor usaha di bidang pertambangan batubara, sementara waktu-waktu sebelumnya itu juga hanya terfokus pada usaha perkayuan. Sementara di kawasan lain yang iklim usahanya bagus dan maju berkembang di semua sektor.

Selain itu usaha yang berkembang di Kalsel juga hanya bersumber dari pengesploitasian sumber daya alam (SDA) yang bila kelamaan bisa habis, sementara sektor produksi barang industri, pertanian dan lainnya kurang dikembangkan.

Sektor pertanian di Kalsel sekarang memang sudah mulai merangkak, seperti perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, tetapi kan investasi demikian membutuhkan waktu untuk bisa memperoleh keuntungan.

Kendati sektor usaha pertanian seperti perkebunan ini membutuhkan waktu lama memetik hasilnya, tetapi sektor ini sangat baik dikembangkan, karena terbukti selalu bertahan dihantam goncangan resesi ekonomi.

Dalam upaya menciptakan iklim investasi tersebut diperlukan kreativitas pihak petinggi daerah ini, gubernur ditingkat propinsi, serta bupati dan walikota ditingkat kabupaten/kota.

Gubernur dan para bupati/walikota harusnya memiliki tingkat kepekaan dalam melihat setiap peluang yang bisa dikembangkan di wilayahnya masing-masing, kemudian bisa mempromosikan peluang tersebut kepada kalangan usahawan. ant

No comments: