Label Cloud

Sunday, December 02, 2007

KLH Coret Sentra Antasari

Senin, 17-09-2007 | 01:38:41

  • Penilaian Adipura Tahap I

BANJARMASIN, BPOST - Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) menghapus hasil penilaian terhadap Sentra Antasari dari penilaian Tim Adipura Pusat tahap I, dilaksanakan awal September 2007.

Penghapusan penilaian terhadap Sentra Antasari tersebut tak lepas dari pendekatan yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin terhadap KLH.
Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Banjarmasin, Rusmin, diutus mewakili Walikota Banjarmasin melakukan pendekatan kepada KLH.
Akhirnya KLH memutuskan penghapusan tersebut atas pertimbangan, Pemko Banjarmasin telah maksimal memberikan bantuan untuk penanganan kebersihan Sentra Antasari.
“Alhamdulliah pihak KLH mau mengerti dengan permasalahan yang di hadapi Pemko Banjarmasin. Mereka juga memuji usaha yang tak hanya mengirimkan surat permohonan, tetapi juga mengutus orang menghadap ke langsung Jakarta,” kata Rusmin.
Meskipun memberikan keringanan, KLH tetap mengharapkan agar Pemko Banjarmasin terus berupaya agar kondisi kebersihan Sentra Antasari tidak semakin merosot.
Rusmin juga mengungkapkan, KLH tidak memberi penjelasan sampai kapan Sentra Antasari dihapus dari daftar lokasi yang dijadikan terget penilaian Adipura di Banjarmasin.
Kepala Dinas Kebersihan Kota Banjarmasin, Syaiddinoor, menilai, campur tangan Pemko Banjarmasin dalam penanganan kebersihan Sentra Antasari sudah sangat maksimal.
“Bayangkan dalam satu hari armada pengangkut sampah kita harus mengangkut sembilan sampai sepuluh ret sampah dari Sentra Antasari, sedangkan untuk satu ret biaya yang harus kita keluarkan adalah Rp 100 ribu. Jadi, kalau dikalikan pengeluaran untuk penanganan sampah di Sentra Antasari mencapai Rp 1 juta perhari,” ungkapnya.      
Kondisi ini lanjutnya, berjalan selama hampir setengah bulan, dimulai sejak awal September 2007.
Setelah penghapusan Sentra Antasari dari penilaian Adipura, Dinas Kebersihan belum tahu apakah tetap memberi bantuan penanganan kebersihan di Sentra Antasari atau tidak.
“Kita masih tidak mengetahui sampai kapan kebijakan untuk membantu penanganan kebersihan Sentra Antasari diberlakukan, sebab  keputusan tersebut ada di tangan walikota,” katanya. c1              

No comments: