Label Cloud

Thursday, August 28, 2008

Bendung Batang Alai Segera Difungsikan

Rabu, 27-08-2008 | 00:40:30

BANJARMASIN, BPOST - Tiga bendung skala besar yang dibangun menggunakan dana ratusan miliar rupiah di Provinsi Kalimantan Selatan segera difungsikan untuk mengairi persawahan dan sebagai lokasi cadangan air.

Kepala Dinas Kimpraswil Kalsel HM Arsyadi di Banjarmasin, Selasa (26/8) mengatakan kedua bendung difungsikan lebih awal atau akhir 2008  yakni bendung Sungai Amandit di Kabupaten Hulu sungai Selatan (HSS) serta bendung Sungai Batang Alai, di Kabupaten Hulu ungai tengah (HST).
Pengoperasian dua bendung tersebut karena beberapa bagian penting bendung sudah selesai dikerjakan tinggal pembangunan saluran air.
Satu bendung besar lagi yang akan dioperasikan akhir 2009 adalah bendung Sungai Pitap, di Kabupaten Balangan yang masih dalam tahap penyelesian.
Bendung Batang Alai terletak di Desa Labuan Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten HST akan mengairi areal 5.598 ha, yang mencakup areal 2.195 ha di sebelah kanan dan areal 3.397 ha di sebelah kiri Sungai Batang Alai.
Pembangunan bendung dimulai pada TA 2003, dan hingga TA 2007 sudah dapat menyelesaikan bendung, saluran primer, bangunan  dan saluran sekunder. 
Pembangunan bendung Batang Alai didanai dari APBN dan pembebasan lahan dilakukan oleh Pemkab HST, direncanakan hingga akhir konstruksi pada TA 2008 akan menyerap dana Rp 128 miliar.
Bendung Sungai Amandit di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung  Kabupaten HSS mampu mengairi areal 5.472 ha. Sumber air berasal dari Sungai Amandit, akan mengairi areal kiri dan kanan yang meliputi Kecamatan Padang Batung, Simpur, Sungai Raya, Kandangan dan Angkinang.
Sedangkan bendung Sungai Pitap terletak di Desa Nungki Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan, direncanakan mampu mengairi areal 4.000 ha, sumber air berasal dari Sungai Pitap. (ant)

No comments: