Label Cloud

Wednesday, August 13, 2008

Gubernur Belum Terima Hasil Ekspose PT GC

07 August, 2008 06:38:00

BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Ariffin, menyatakan, dirinya belum menerima laporan hasil ekspose dari perusahaan pertambangan intan PT Galuh Cempaka di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

"Saya belum menerima laporan hasil ekspose terkait perbaikan lingkungan yang dilakukan oleh PT Galuh Cempaka, sehingga dirinya tidak bisa mengambil sikap terhadap perusahaan itu," ujarnya, kemarin.

Pernyataan itu disampaikan seusai peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, ketika ditanya perkembangan PT Galuh Cempaka yang sudah melakukan ekspose.

Ekspose terkait perbaikan lingkungan perusahaan pertambangan intan tersebut, dilaksanakan di Kantor PT Galuh Cempaka, yang antara lain dihadiri Kepala Bapedalda Kalsel, Ir H Rachmadi Kurdi, MSP dan anggota Komisi III DPRD Kalsel.

Menurut Rudy, setelah dirinya menerima laporan terkait perbaikan lingkungan tersebut, pihaknya baru bisa mengambil sikap dan langkap-langkah terhadap perusahaan pertambangan intan yang telah ditutup sementara sejak 3 April 2008 itu.

Jika aspek-aspek lingkungan dipenuhi perusahaan yang mempekerjakan karyawan sekitar 500 orang itu, mungkin saja nantinya dibuka kembali operasionalnya, namun belum ada kejelasan kapan operasional itu akan dibuka kembali.

Dalam kesempatan itu, Rudy yang didampingi Wakil Gubernur, HM Rosehan Noor Bahri, SH itu, meminta pihak manajemen dari PT Galuh Cempaka untuk transparan dan akuntabil terhadap produksi pertambangan intan.

"Sebelum dibuka kembali operasional PT Galuh Cempaka, sejak ditutup sementara beberapa waktu lalu, perusahaan tersebut diminta setuju untuk melaporkan produksi pertambangan intan yang dilakukan perusahaan tersebut," ujarnya.

Terkait kontribusi nyata terhadap daerah, dia menyatakan, pihaknya berharap ada kontribusi yang jelas dari perusahaan pertambangan intan tersebut. ani/mb05

No comments: