Label Cloud

Monday, August 18, 2008

Walikota Terjun Ke Sungai

 

14 August, 2008 07:56:00

Walikota Banjarbaru, Rudy Resnawan terjun langsung membersihkan sepanjang aliran sungai yang dipenuhi sampah. Bahkan, tanpa ragu dan takut kotor, walikota ikut mengangkat sebatang pohon yang menghalangi aliran sungai.

BANJARBARU - Meskipun penampilan cukup rapi dan perlente dengan sepatu santai dibalut celana jeans dan berbaju kaos, namun tidak menjadi halangan bagi Walikota Banjarbaru, Rudy Resnawan terlibat langsung dalam aksi bersih-bersih sepanjang aliran Sungai Kemuning yang dilaksanakan, Kamis (14/8) pagi kemarin.

Bahkan, orang nomor satu di lingkungan Pemko Banjarbaru ini tanpa ragu dan takut kotor, terjun langsung ke sungai membersihkan sampah-sampah yang memenuhi sepanjang sisi sungai yang membelah kota Banjarbaru dan melintasi lima wilayah kelurahan di kota berjuluk Idaman ini.

Tak hanya menggunakan alat penggaruk sampah, walikota didampingi Dandim 1006/MTP, Letkol Samudro Adi, Ketua DPRD Banjarbaru, Drs Arie Sophian dan Ketua Forum RT/RW, Suriansyah SP juga ikut mengangkat sebatang pohon berukuran paha orang dewasa yang berusaha di angkat warga dari dasar sungai karena menghalangi sampah dan kelancaran arus air.

Pemandangan tidak biasa ini tergambar saat walikota mendatangi titik lokasi pembersihan di bawah jembatan Projakal kelurahan Guntung Paikat yang menjadi satu diantara lima titik yang dijadikan pusat pembersihan sungai Kemuning yang menjadi sasaran kegiatan Gotong Royong Gembira Merah Putih 2008 bertema `Cinta Sungai Cinta Kota Banjarbaru' ini.

Boleh dikatakan, kegiatan yang digagas kelompok kerja fungsional (Pokjanal) kota sehat Banjarbaru dalam rangka mengisi HUT kemerdekaan RI ke-63 ini sukses. Bukan hanya sukses pelaksanaan tetapi juga sukses dari sisi banyaknya unsur masyarakat yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Tidak kurang dari ratusan anggota masyarakat terlibat langsung di setiap titik lokasi aliran sungai yang dibersihkan. Mereka membawa bermacam alat yang digunakan untuk mengambil sampah yang hanyut di sepanjang aliran sungai maupun sampah yang teronggok di sisi sungai.

Tak hanya warga masyarakat, personil TNI/Polri pun seakan tidak mau ketinggalan membersihkan aliran sungai yang sering meluap dan menyebabkan banjir terutama saat musim hujan ini. Mereka bahu-membahu bersama warga menyingkirkan sampah dari sepanjang aliran sungai.

Berkat kebersamaan dan kegotongroyongan ini pula, sepanjang aliran sungai Kemuning yang sebelumnya dipenuhi sampah berbagai jenis menjadi lebih bersih dan nyaman di pandang. Aliran air juga melaju kencang tanpa terhalang sampah yang menghiasi di sisi kiri maupun kanan jalur sungai.

Uniknya, selain dilandasi semangat kebersamaan dan gotong royong, kegiatan ini juga dilengkapi hiburan musik yang disediakan di setiap titik lokasi pembersihan sehingga menambah semangat mereka yang mengikuti kegiatan positif peduli lingkungan ini.

Tak hanya hiburan, panitia juga menyiapkan door prize berupa barang beraneka macam yang diberikan kepada peserta kegiatan dengan cara di undi sehingga tidak ada peserta yang meninggalkan lokasi hingga kegiatan berakhir pukul 12.00 Wita ini.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan terutama sepanjang aliran sungai yang harus terus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Harapan saya, kegiatan ini tidak hanya berakhir sampai di sini tetapi terus di budayakan sehingga sepanjang aliran sungai selalu bersih dan nyaman dipandang," kata walikota di sela-sela kegiatan. yoi

No comments: