Label Cloud

Friday, August 22, 2008

Mahasiswa Unlam Hijaukan Desa Karang Rejo

Jumat, 22 Agustus 2008
PELAIHARI - Bupati Tanah Laut H Adriansyah didampingi Camat Jorong Hairul Rijal S Sos, MSI , menerima 50 orang rombongan Mahasiswa Unlam, Rabu (20/8) di Desa Karang Rejo Kecamatan Jorong.

Kedatangan mahasiswa yang langsung dipimpin Rektor Unlam Prof Dr H Rasmadi ini, guna melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa Karang Rejo. Rasmadi mengungkap PKL bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa di wilayah pedesaan serta mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dibangku kuliah.

Kegiatan PKL dilaksanakan selama 3 hari (20-22 Agustus) dengan memberikan penyuluhan kepada warga. Selain itu melaksanakan penghijauan di desa tersebut dengan menanam pohon Akasia dan Mahoni. Bibit pohon sendiri merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan Tanah Laut.

Pemkab Tala, khususnya Bupati Aad, menurut Rasmadi sangat perhatian dengan dunia pendidikan. Sehingga di tengah-tengah kesibukannya, masih menyempatkan waktu menerima dan melakukan temu wicara dengan para mahasiswa.

“Selama ini program kerja Bupati Tanah Laut sangat terarah, contohnya jagung yang produksinya terus meningkat. Akhirnya berdiri pabrik pakan ternak di daerah ini. Demikian pula singkong, berdiri pula pabrik tapioka. Dan masih banyak lagi pabrik industri yang akan segera berdiri di Tanah Laut ini,” puji Rasmadi

Bupati Tanah Laut sendiri dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Tanah Laut sebagai lokasi PKL. Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan masukan dan bermanfaat bagi warga Bumi Tuntung Pandang.

“Bulan Juli kemarin, rombongan mahasiswa FMIPA Unlam juga melaksanakan KKN di Kabupaten Tanah Laut, ini merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi kami. Karena Tanah Laut mendapat kepercayaan menjadi tujuan mahasiswa, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama di bangku kuliah,” ujar bupati.

Pada kesempatan ini bupati menjelaskan prioritas pembangunan di Tanah Laut yang dititikberatkan pada sektor pertanian. Disamping pendidikan dan kesehatan. Hal ini karena Tanah Laut memiliki lahan yang subur, dan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani atau sekitar 67,2 persen.

Bekerja sama dengan dinas terkait, pemerintah berusaha memfasilitasi berbagai hal yang dibutuhkan petani, termasuk meningkatkan sumber daya manusia para petani.

saat ini banyak komoditas di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan yang menjadi primadona seperti singkong, kelapa sawit, karet, nilam dan ternak sapi untuk mendongkrak pemasukan petani.

“Terlebih dengan berdirinya berbagai pabrik seperti pabrik pakan ternak, pabrik tapioka dan pabrik sarung tangan. Sehingga petani lebih mudah menjual hasil usahanya,”sebut bupati.

Guna memberikan gambaran lebih lengkap tentang Kabupaten Tanah Laut, bupati melakukan temu wicara dengan mahasiswa dan Warga Desa Karang Rejo dilanjutkan dengan penanaman pohon untuk penghijauan desa. (mr-90)

No comments: