Label Cloud

Monday, August 18, 2008

Penanganan Limbah Perlu Partisipasi Warga

 

13 August, 2008 07:23:00

BANJARMASIN - Penanganan masalah limbah masih menjadi persoalan besar bagi Pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin, sehingga perlu peran serta masyarakat dan pihak swasta.

Untuk itu diperlukan upaya nyata dan kesamaan visi dan misi antar stake holder yang lebih bersifat teknis, papar Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni, saat membuka kegiatan roadshow seminar teknologi tepat guna pengolahan air limbah domestik komunal dan industri, Selasa lalu.

Menurut orang nomor satu dilingkungan Pemko Banjarmasin ini, dengan rencana strategis (renstra) dan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) disusun lebih detil dan terinci, maka diharapkan dapat memudahkan saat melakukan pelaksanaannya, dan juga koordinasi dari berbagai sektor, dengan penyelesaian masalah lebih komprehensif dan terpadu.

"Hal ini agar permasalahan limbah yang selama ini masih belum teratasi bisa ditangani dengan baik," ujarnya.

Dalam penanganan masalah limbah ini, juga diperlukan keterlibatan pihak ketiga, ungkap Yudhi Wahyuni, seperti yang dilakukan Pusat Teknologi Limbah (Pusteklim).

Dijelaskannya, teknologi tepat guna pengolahan air limbah domestik komunal dan industri merupakan program kerjasama antara LSM Yayasan Dian Desa (Appropriante Teckhnology Group Yogyakarta) dan Apex's (Asian People Exchance Tokyo).

Sementara itu, Kepala Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin Muhidin mengungkapkan, melalui kegiatan dalam rangka mengatasi persoalan tersebut, diharapkan adanya kesamaan pemahaman, sebab limbah bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, namun semua elemen ikut terlibat dalam penanganannya. Kedepannya persoalan limbah ini, dapat menghasilkan sesuatu yang berguna, serta bernilai ekonomis.

Dikatakannya, dengan sistem pengolahan air limbah komunal relatif lebih sederhana, hal ini jika dibandingkan dengan instalasi pengolahan air limbah yang dimiliki Pemko Banjarmasin tersebut, sebab dengan sistem komunal yang dilakukan oleh PD PAL Kota Banjarmasin adalah, diperuntukan bagi 100 Kepala Keluarga (KK).

"Dengan sistem komunal ini diharapkan dapat membantu penanganan masalah limbah yang ada di Kota Banjarmasin tersebut,"katanya.edo/mb05

No comments: