Label Cloud

Monday, November 10, 2008

Jalur di Kotabaru Rusak Lagi

Kamis, 6 November 2008
KOTABARU,- Sejak perkebunan kelapa sawit milik perusahaan PT Sinar Kencana Inti Perkasa (SKIP) dan plasma milik masyarakat di Bumi Asih, Pantai Baru, Pembelacanan dan Tanjung Dewa, dibuka, Jalan Pantai Baru-Bumi Asih dan Pembelacanan sepanjang 15 KM jadi rusak berat.

     Badan jalannya melebar menutupi got dan saluran yang tidak pernah dipelihara, sehingga air hujan yang menggenangi badan jalan berubah menjadi lumpur. Hampir sebagian batu-batu gunung yang dipasang untuk pengerasan jalan mulai terbongkar keluar akibat beban berat truk kelapa sawit yang diduga melebihi kapasitas jalan.

     Informasi yang dihimpun, sebagian besar jalan desa di eks lokasi transmigrasi tahun 1985 tersebut, diantaranya Bumi Asih, Pantai Baru, Sangking Baru, Seikupang Jaya, Plajau Baru, serta sejumlah desa tetangga di Kecamatan Kelumpang Selatan tersebut sulit dilalui saat musim hujan.

     Warga setempat mengatakan, ketika hujan turun, jalan tersebut tidak bisa dilalui sama sekali, kondisi jalan licin, berlumpur dan lubang-lubang bekas roda truk tersebut digenangi air merah dan kotor. "Semakin lama bukan semakin baik, tetapi jalan desa semakin parah, hal ini tidak boleh dibiarkan," kata ujar Kari, warga Bumi Asih, Kelumpang Selatan.

     Kari dan keluarganya mengaku tidak mau menetap tinggal di Bumi Asih, karena transportasi yang sulit. Bahkan, pemerintah tidak pernah memikirkana untuk melakukan perbaikan jalan tersebut, sejak diserahkannya pembinaan warga transmigrasi dari Departemen Transmigrasi kepada Pemerintah Daerah, sekitar tahun 1990.  

     Masyarakat berharap kepada perusahaan PT SKIP dan Koperasi Unit Desa (KUD) Gajah Mada sebagai pengelola kebun kelapa sawit inti dan plasma segera melakukan perbaikan jalan tersebut.

     Mereka juga mempertanyakan kepada pengelola plasma KUD Gajah Mada dan perusahaan, apakah dana untuk perbaikan dan pengerasan jalan di wilayah perkebunan tersebut tidak dianggarkan.

     Menurut petani plasma, dana anggaran untuk pengerasan jalan di kebun plasma telah dibebankan kepada peserta plasma.(ins)


No comments: