Label Cloud

Tuesday, April 03, 2007

1.000 Pohon Hijaukan Landasan Ulin

Minggu, 18 Maret 2007 02:01

Banjarbaru, BPost
Menyandang predikat Kota Sehat, memacu pemerintah Kota Banjarbaru untuk menjadikan kota ini benar-benar nyaman dan sehat. Salah satunya dengan melakukan penghijauan di setiap sudut Kota.

Jumat (16/3) pagi, ratusan orang dari Dinas dan Badan di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menanam 1.000 bibit pohon rambutan. Penanaman dilakukan serentak di permukiman warga di Kelurahan Landasan Ulin Utara.

Wakil Walikota Banjarbaru, Ruzaidin Noor beserta Muspida serta Ketua Tim Penggerak PKK Hj Rosdheawaty Rudy Resnawan terlihat terlibat dalam penanaman itu.

"Wah berkeringat juga ya. Ini namanya sehat," ucap Rosdheawaty sambil menyeka keringat yang menetes di wajahnya.

Para PNS, anggota Polri dan TNI tampak berbaur melakukan hal yang sama. Nyaris tak ada rumah warga di sentra sayur mayur dan buah ini tak mereka sambangi. Sambil berjalan kaki dan menenteng bibit rambutan, setiap ada lahan yang cocok ditanami, mereka mampir dan menanam.

Kelompok kerja fungsional (Pokjanal) Kota Sehat Banjarbaru sengaja mengagendakan penanaman 1.000 pohon. Tujuannya, selain menyehatkan secara fisik, juga secara sosial ekonomi dan budaya. Ketua Pokjanal Kota Sehat Dharmawan Jaya, menjelaskan, kegiatan ini merupakan perintis.

"Kota sehat bukan sekadar sehat fisik. Dipilihnya pohon rambutan karena pohon ini memiliki nilai jual, jika sudah berbuah," terangnya. Tahun 2005 Kota Banjarbaru dinobatkan sebagai Kota Sehat Tingkat Nasional, menyisihkan 20 kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Penghargaan tertinggi Swastisaba Wisatara untuk Kota Banjarbaru ini dituangkan dalam SK Menteri Kesehatan RI No. 1609/ Menkes/SK/XI/2005. Untuk mempertahankan predikat ini, semua sektor dilibatkan.

Tidak hanya Dinas Kesehatan untuk meminimalkan angka kesakitan dan kematian, melainkann juga warga Kota, agar merasa nyaman dan sehat.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kelurahan lain, seperti Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru dan Kecamatan Cemp

No comments: