Label Cloud

Tuesday, April 03, 2007

Jual Lembah Kahung Ke LN

Jumat, 09 Maret 2007 02:06

* Garuda dan pemprov terbitkan buku wisata

Banjarmasin, BPost
Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin dan PT Garuda Indonesia sepakat untuk menjual objek wisata Kalsel ke seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Kesepakatan tersebut tercetus ketika Gubernur Kalsel berserta muspida dan rombongan bertandang ke markas PT Garuda Indonesia Jalan Merdeka Selatan Jakarta dalam Tour Eksekutif Safety Program, Rabu (7/3).

Menurut Rudy, sebenarnya tempat utama yang didatangi wisata manca negara (wisman) itu Bali, tapi kebanyakan dari mereka ingin juga ke daerah lain, seperti Kalsel.

"Nah, yang ingin ke tempat lain inilah yang kita ambil. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah wisman ke Kalsel dan menghidupkan objek-objek wisata di banua," kata Rudy.

Supaya menjadi pilihan setelah Bali, jelas dia, perlu pengenalan tempat wisata kepada mereka (wisman). "Salah satu caranya bekerjasama dengan pihak Garuda, karena mereka satu-satunya penyelenggaran penerbangan internasional yang terpercaya," papar Rudy.

Di Kalsel, jelas Rudy, selain tempat wisata, seperti Pasar Terapung, edventure turism seperti Lembah Kahung, banyak even yang bisa dijual, seperti Festival Borneo, Festival Jukung Hias dan lainnya.

"Untuk itu kita harus mencocokan jadwal mereka. Jadi pas mereka datang kita punya even, sehingga program yang dilalakukan Garuda itu sejalan yang dilakukan daerah," kata dia.

Kalsel, kata dia, akan mencetak buku berkaitan dunia pariwisata dan perkembangan daerah, buku itu nantinya dan dalam pesawat Garuda dan dibaca seluruh penumpang baik domistik dan asing.

Agus Priyatno, EVP Sales and Marketing PT Garuda Indonesia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya membentuk tim khusus untuk datang ke Kalsel.

"Tim ini bersama pihak Pemprov Kalsel nantinya akan melakukan survei untuk melihat kemajuan pariwisata di Kalsel. Setelah semuanya beres kita akan jual wisata Kalsel sampai ke manca negara," kata Agus saat berdialog dengan Gubernur.

Menurut Agus, PT Garuda mempunyai kewajiban untuk memajukan wisata tidak hanya di Kalsel, melainkan seluruh wisata yang ada di negeri ini.

"Kendalanya informasi tentang Kalsel ini sangat minim kita dapatkan, untuk itu dengan datangnya tim ke Kalsel diharapkan semua informasi yang diinginkan bisa didapat," harap dia.

Tour Eksekutif Safety Program yang disponsori PT Garuda Indonesia mengajak Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Walikota Banjarmasin Yudhi Wahyuni berserta isteri, Walikota Banjarbaru Rudi Resnawan, Ketua PWI Kalsel HG Rusdi Effendi AR berserta isteri, Komandan Korem 101/Ant Kolonel Inf Waris, Komandan Pangkalan TNI-AL Banjarmasin Letkol (P) Indarto Budiarto, Komandan Pangkalan TNI-AU Syamsudin Noor Letkol Amrizal, Ketua Asita Kalsel Hj Armistiyani, Ketua Kadin Kalsel Endang Kesumayadi, pelanggan setia Garuda Tjoetjoe Sandjaja dan pemilik Hotel Permata In Banjarbaru Hariyanto bersama isteri. tri

No comments: