Label Cloud

Friday, October 13, 2006

Banjarmasin Barat Terkotor

Minggu, 24 September 2006 03:02

Banjarmasin, BPost
Camat Banjarmasin Barat, Sastra Hairansyah, hanya bisa tersenyum kecut, ketika mendengar wilayah yang dia pimpin harus memasang bendera hitam.

Maklum, kecamatan yang berada di tepian Sungai Barito itu dinyatakan sebagai kecamatan terkotor dalam lomba kebersihan antarkecamatan yang didukung Banjarmasin Post Group.

Pengumuman hasil penilaian dibacakan Walikota Banjarmasin Yudhi Wahyuni dalam peringatan puncak Hari Jadi ke-480 Kota Banjarmasin di Balaikota, Sabtu (23/9) pagi.

"Terus terang saja, masih ada sedikit ganjalan dalam hati saya berkenaan dengan keputusan tim juri. Tapi hasil ini tetap akan saya terima dengan lapang dada," ungkapnya.

Ke depan, Sastra berjanji sesegera mungkin melakukan upaya agar bendera hitam yang harus dipasang di kantornya bisa secepatnya diturunkan.

Caranya adalah dengan kembali mengkonsolidasikan segala potensi yang ada di wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat mulai dari tingkat RT hingga kelurahan untuk bersama-sama kembali melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih bersih

Dikatakanya, selama ini usaha yang ditempuh sudah maksimal. "Bendera hitam yang saya terima langsung dari Walikota bukan berarti melambangkan bahwa selama ini kami tidak melakukan usaha sama sekali untuk meningkatkan kualitas kebersihan di Kecamatan Banjarmasin Barat," katanya.

Ketua tim juri lomba kebersihan, Hamdi, mengungkapkan, yang membuat kecamatan Banjarmasin Barat berada di posisi paling bawah adalah semata-mata kesalahan strategi yang diambil pihak kecamatan.

"Banjarmasin Barat menetapkan wilayah kawasan terencana yang ada di wilayahnya adalah Kompleks Wildan. Menurut penilaian dan pengamatan juri, komplek ini sudah tidak layak dikatakan sebagai kawasan terencana, melainkan sudah termasuk dalam kawasan alami," jelasnya.

Sehingga, total nilai antara Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Selatan yang ditetapkan sebagai terbaik ke empat, hanya berbeda tipis. Untuk Banjarmasin Barat memperoleh total nilai 64,19, sedangkan Banjarmasin Selatan memperoleh total nilai 64,57.

Terpilih sebagai kecamatan terbersih adalah Kacamatan Banjarmasin Timur dengan total nilai 73,11. Selain menjadi yang terbersih, beberapa fasilitas umum yang ada di wilayah ini juga memperoleh kategori Best Location untuk kategori Puskesmas, SMP, SMA, dan Kantor Kecamatan.ck6

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: