Label Cloud

Saturday, October 14, 2006

Rantau Jaya Kesulitan Air

Jumat, 06 Oktober 2006 01:06:00

Kotabaru, BPost
Akibat kemarau, warga Desa Rantau Jaya, Kecamatan Sungai Durian Kotabaru dalam beberapa bulan terakhir kesulitan air bersih. Untuk memenuhi keperluan sehari-hari, terpaksa menggunakan air di bekas kubangan babi.

Sejak memasuki musim kemarau, masyarakat eks warga transmigrasi tahun 1984 tersebut mengalami kesulitan air bersih, terutama untuk mandi dan mencuci.

Kesulitan itu sedikit berkurang karena adanya program air bersih dari dana Gerakan Pembangunan Desa (Gerbangdes) dan langsung didistribusikan ke kelompok rumah warga.

Namun sejak terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan mahalnya harga solar, membuat mesin pendistribusianan air bersih tersebut macet.

Camat Sungai Durian Saukani mengatakan, untuk mengatasi kesulitan air bersih, pihaknya pernah mencoba membuat sumur bor. Tetapi usaha tersebut sia-sia, katanya.

Di hadapan warga Rantau Jaya saat bersafari Ramadhan, Bupati Kotabaru Drs Sjachrani Mataja mengatakan, tahun 2007 akan dialokasikan dana untuk membangun bendungan yang dapat menyimpan air untuk keperluan hingga beberapa bulan.dhs/ant

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: