Label Cloud

Wednesday, October 11, 2006

Para Ibu Kelola Limbah

Kamis, 14 September 2006 01:37:41

Sementara itu, di aula Kayuh Baimbai, sebanyak 30 peserta, mengikuti pemaparan mengenai bagaimana cara mengelola sampah dengan benar. Panitia mendatangkan pemateri dari Balai Latihan dan Pengembangan Masyarakat Perkotaan Surabaya.

Dalam kegiatan tersebut peserta dibekali materi mengenai bagaimana memanfaatkan sampah rumah tangga yang mereka hasilkan, sebelum akhirnya dibuang. Dengan harapan agar sampah yang dibuang ke TPA adalah benar-benar sampah yang memang tidak dapat dimanfaatkan lagi.

Syaiddin Noor mengatakan, selama ini masyarakat hanya mengenal sampah rumah tangga sebagai sesuatu yang tidak bermanfaat sama sekali. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

"Sisa-sisa sampah rumah tangga seperti sayuran dan berbagai jenis sampah organik lainnya, jika dikelola dengan benar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi warga, bahkan bisa menghasilkan nilai ekonomis," ungkapnya.

Teknologi yang digunakan untuk memanfatkan sampah rumah tangga tersebut sangat mudah, murah dan aman. Apalagi bisa dilakukan oleh semua golongan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga.

Nantinya, warga yang telah mengikuti kegiatan ini berkewajiban untuk mempraktekkan serta membagi informasi yang telah mereka terima kepada warga lainnya disekitar tempat tinggal mereka. ck6

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: